7 Bahasa Pemrograman yang Harus Dikuasai Hacker

7 Bahasa Pemrograman yang Harus Dikuasai Hacker

Hacking merupakan sebuah kegiatan meretas suatu program. Biasanya program yang diretas oleh hacker menggunakan bahasa pemrograman untuk membangunnya. Tentu mau atau tidak, seorang hacker harus mengusai bahasa pemrograman yang digunakan dalam program yang dipakai target. Jika hacker mengusai bahasa pemrograman yang digunakan, hacker akan menemukan celah atau kerentaan yang ada di programan tersebut.

Jenis peretasan yang populer dilakukan hacker di tahun 2019, secara garis besar dibagi tiga yaitu Web Hacking, Exploit Writing, dan Reserve Engineering. Pastinya, dari ketiga jenis diatas bahasa pemrograman yang digunakan berbeda tiap-tiap jenisnya. Seperti Web Hacking, tentunya seorang hacker harus fasih menggunakan HTML sebagai dasar pembangunan web.

Terabug akan membagikan bebeerapa bahasa pemrograman hacker yang harus dikuasai di tahun 2019. Penasaran apa saja? Yuk, simak penjelasannya dibawah ini.

Baca juga: Cara Mudah Membuat Membuat Akun Facebook di Android dan PC

Bahasa Pemrograman yang Harus Dikuasai Hacker 

Seperti yang sudah dijelaskan  diatas, jenis peretasan dibagi tiga. Terabug akan menjelaskan bahasa pemograman hacker berdasarkan jenis peretasannya sebagai berikut.

1. HTML

HTML atau Hyper Text Markup Language merupakan bahasa pemrograman dasar yang diguanakan pada website. Sederhananya, HTML merupakan batang tubuh sebuah website. Jadi, bagi hacker yang ingin menerobos sebuah website, alangkah baiknya bahasa pemrograman yang dikuasai HTML. Bagi hacker yang mempelajari HTML tentu dengan mudah melakukan hacking terhadap cara kerja web action, response dan lainnya. Selain itu, hacker yang menguasai HTML tentu juga bisa digunakan untuk membangun website sendiri. Jadi, HTML merupakan bahasa pemrograman dasar yang harus dikuasai untuk melakukan web hacking.

Untuk kamu yang ingin mempelajari bahasa pemrograman HTML kamu dapat mendownload aplikasi SoloLearn HTML atau mengunjungi website resmi SoloLearn mengenai HTML. atau kamu dapat mencari dan mengunjungi website belajar HTML di Google dengan keyword Belajar HTML. Jika kamu benar-benar berminat untuk mempelajari HTML dapat membeli buku khusus tentang HTML di toko buku terdekat atau toko online.

Baca juga: Cara Ping Artikel ke Google Agar Cepat Terindeks

2. CSS

Setelah HTML, bahasa pemograman yang wajib dipelajari hacker untuk melakukan Web Hacking adalah CSS. CSS atau Casanding Style Sheet merupakan bahasa pemrograman website yang digunakan untuk mengatur stuktur dari website agar lebih terstruktur dan cantik pastinya. Jadi, jika hacker menguasai bahasa pemrograman CSS tentu akan mudah mengubah tampilan website yang mau di attack. Kesimpulannya, dengan memadu HTML dan CSS, hacker akan mudah mengatur website korban sesuai keinginan. Jadi, jika hacker ingin hacking memiliki tampilan yang lebih stylish wajib untuk menguasai CSS

CSS juga dapat dipelajari di aplikasi SoloLearn CSS.

3. Python

Untuk bahasa pemrograman selanjutnya pasti sudah sangat terkenal dikalangan hacker. Apalagi kalau bukan Python. Bahasa pemrograman ini sangat terkenal dikalangan hacker karena memudahkan hacker untuk melakukan aksinya. Karena dengan Python bahasa pemrograman tingkat tinggi untuk membangun program hacker bisa melakukan kegiatan hacker yang lebih jauh tidak hanya sekedar web hacking saja, tapi juga exploit dan lainnya.

Bagi yang tertarik untuk mempelajari Python dapat mendownload aplikasi Sololearn Python atau mengunjungi website Belajar Python. Jika kamu mempunyai uang lebih dan berminat mempelajari bahasa pemrograman Python dapat membeli buku khusus Python di toko buku terdekat atau toko online.

4. Javascript

Javascript merupakan bahas pemrograman tingkat tinggi yang digunakan web builder untuk membangun website yang lebih dinamis. Bahasa pemrograman ini sendiri bekerja pada beberapa browser terkenal seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera dan lainnya. Jadi, dengan kemudahan mengakses Javascript akan menjadi sangat mudah untuk melakukan hacking karena banyak orang yang mempelajarinya.

Javascript juga digunakan untuk membangun beberapa program PC dan HP selain untuk membangun websitel Jadi Javascript sangat wajib dikuasai hacker di tahun 2019. Tertarik untuk menguasainya?

Baca juga: Cara Download Video di Facebook PC dan Android Paling Mudah!

5. PHP

Selanjutnya ada PHP yang wajib dikuasai hacker di tahun 2019. PHP merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi yang digunakan website untuk mengatur website agar lebih dinamis. Jadi untuk pengembangan dari PHP ini banyak digunakan bersama HTML untuk membangun website. Jadi untuk melakukan web hacking, hacker wajib menguasai PHP untuk menemukan kelemahan dan kesalahan dari website yang ingin diserang atau diterobos. PHP atau Personal Home Page ini juga banyak digunakan website ber-platform WordPress sebagai dasar pembangunannya.

6. SQL

Selanjutnya ada SQL atau Stuctured Query Language merupakan bahasa pemrograman dibidang pengolahan data. Jadi, SQL sering digunakan untuk menyimpan data-data penting sebuah program. Jika menguasai SQL tentu hacker sangat mudah mengakses data-data penting program atau website yang ingin diretasnya. Tapi, SQL merupakan salah satu bahasa pemrograman tingkat tinggi dimana bagi pemula perlu ketekunan untuk mempelajarinya. Sebenarnya untuk mempelajari semua bahasa pemrograman perlu ketekunan dan penerapan.

7. Ruby dan Perl

Urutan terakhir sebagai bahasa pemrograman tinggi yang biasa digunakan hacker untuk melakukan exploit tingkat itnggi suatu program yaitu Ruby dan Perl. Merupakan pemograman yang sering digunakan untuk membangun aplikasi. Bahasa ini merupakan bahasa yang sangat jitu digunakan untuk menyerang program. Jika kamu mau mempelajarinya, tentunya sangat mudah untuk mengacak suatu program.

Bagaimana apakah kamu tertarik untuk mempelajari bahasa pemrograman diatas? Lalu apakah kamu mempelajari bahasa pemrograman untuk hacking atau membangun program sendiri? Berikan pendapat dan pertanyaanmu melalui kolom komentar di bawah.